spot_img

Apa Itu Jasa Cargo dan Bedanya dengan Layanan Ekspedisi Reguler?

Dalam kelancaran aktivitas bisnis, jasa pengiriman atau ekspedisi cargo memainkan peran penting, baik itu untuk pengiriman dalam negeri maupun luar negeri (ekspor-impor).

Apa Itu Jasa Cargo?

Hanya saja, sebenarnya apa yang dimaksud dengan jasa cargo alias ekspedisi ini, ya? Secara garis besar, layanan cargo merupakan layanan pengiriman barang. Hanya saja, jenis layanan yang satu ini lebih ditujukan untuk pengiriman dalam volume yang besar. Misalnya untuk pembelian secara grosir.

Perbedaan Jasa Pengiriman Cargo dengan Ekspedisi Reguler

Untuk lebih memahami karakteristik utama layanan pengiriman cargo, silahkan simak perbandingannya dengan jasa ekspedisi reguler berikut ini.

  1. Batas dimensi dan berat paket.

Bisa dibilang faktor yang satu ini merupakan faktor utama yang membedakan antara layanan pengiriman cargo dan reguler. Untuk layanan pengiriman reguler, dimensi dan berat barang relatif lebih kecil atau maksimal sedang karena sering kali memang digunakan untuk kebutuhan konsumsi pribadi. Ditambah lagi, tidak ada batasan minimal dimensi dan berat untuk pengiriman reguler.

Sementara itu, layanan pengiriman cargo memiliki batas minimal dimensi dan berat. Pasalnya, layanan ini memang secara spesifik ditujukan untuk pengiriman barang dengan dimensi dan berat yang jauh lebih besar. Maka dari itu, pengguna layanan ini biasanya adalah bisnis, seperti reseller, distributor, atau manufaktur.

  1. Durasi pengiriman cargo.

Perbedaan berikutnya ada di lama waktu pengiriman barang. Untuk jasa ekspedisi reguler, durasi pengirimannya jauh lebih singkat dan umumnya hanya makan waktu kurang dari 1 minggu. Sementara itu, pengiriman cargo butuh waktu pengiriman hingga 2 minggu. Pasalnya, biasanya perusahaan jasa ekspedisi akan menunggu dulu sampai kapasitas minimal moda transportasi pengiriman terpenuhi.

  1. Tarif pengiriman.

Selanjutnya adalah tarif atau biaya pengiriman. Untuk pengiriman reguler, tarif biasanya dihitung per kilogram dan akan bertambah mahal jika bobot paket makin berat. Sedangkan dalam pengiriman cargo, tarif cargo dihitung berdasarkan berat minimum sehingga nominalnya akan terasa makin murah selama Anda memenuhi berat minimumnya.

Itu dia rangkuman penjelasan tentang jasa pengiriman cargo. Semoga membantu!

spot_img

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here